PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X-2 TINGKAT MATHAYOM DISEUKSASART ISLAM SCHOOL THAILAND SELATAN

Tiara Ashshiddiqie, Fauziah Suparman

Abstract


Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakahpengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berupa Adobe Flash,terhadap kemampuan peserta didik di sekolah Seuksasart Islam Thailand Selatan, dalam menulis cerita fantasi. Adapun aspek-aspek yang dinilai dari tulisan para peserta didik meliputi isi, organisasi dan penulisannya. Subjek yang diambil dalam penelitian ini hanya terdiri dari satu kelas saja yaitu kelas X-2. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian terdiri dari tes, dokumentasi dan lembar observasi. Berdasarkan pada hasil analisis data yang telah dilakukan,  dapat diketahui bahwa, kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas X-2 di sekolah Seuksasart Islam School tidaklah terlalu bagus, jika melihat kepada hasil pretest mereka. Hanya beberapa siswa saja yang mampu mendapatkan nilai lebih dari 7.Setelah itu diberikanlah treatment berupa pembelajaran dengan media pembelajaran interaktif, dan kemudian kemampuan menulis mereka diuji kembali. Dapat terlihat adanya peningkatan nilai pada hasil posttest mereka. Namun meskipun mengalami peningkatan, nilai yang didapatkan masih belum memuaskan. Setelah diuji signifikansinya, dapat diketahui bawa peningkatan tersebut tidaklah signifikan.Jadibisa disimpulkan bahwa media itutidak cukup berpengaruh. Peningkatan yang paling banyak terjadi yaitu terletak pada aspek pemilihan judul, penyisipan amanat dan unsur-unsur cerita fantasi. Sementara pada bagian struktur dan penulisan tampaknya tidak banyak peningkatan yang terjadi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif,Cerita Fantasi

Abstract. This study has the aim to know if there any influence from interactive learning media in the form of Adobe Flash, towards students’ abilities in Seuksasart Islam Schoolat southern Thailand, in writing fantasy stories. As for the aspects assessed from the students paper inludes content, organization and their writing skill. The subject that taken for this study consisted of only one class, it is the X-2 class. The instruments used in this study consisted of tests, documentation and observation sheets. Based on the results of data analysis that has been done, can be seen that, the ability to write stories of X-2 class students in Seuksasart Islam School it’s not really good, if you look at the results of their pretest. Only a few students are able to get more than seven grades. After that the treatment was given in the form of learning with interactive media, and then their writing skills were tested again. As you can see an increase in the value of their posttest results. But despite the increase, the value obtained is still not satisfactory. After testing the significance, it can be seen that the increase is not significant. So it can be concluded that the use of the media is not influential enough. The most frequent increase lies in aspects of title selection, insertion of mandates, and elements of fantasy story. While in the structure and writing section there seems to be not much improvement.

Keyword: Interactive Learning Media, Fantasy Story.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002) Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Rizal, dkk. (2015). Media Pembelajaran: Panduan Membuat Presentasi Menarik untuk Mahasiswa, Guru, dan Dosen. Bekasi: CV. Nurani

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.