PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA RK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD VS MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Vita Riahni Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar yang diajar melalui model pembelajaran STAD vs model pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar yang berjumlah 200 orang dengan jumlah sampel 100 orang siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel berkelompok (cluster sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain 5. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan eksposisi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=7,28 sedangkan dari daftar distribusi untuk α=0,05 dan dk=98, diperoleh harga ttabel 1,657 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 7,28 > 1,657, sehingga Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA RK Bintang Timur Pematangsiantar dengan menggunakan model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar model pembelajaran konvensional.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.2115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.