PERISTIWA PENGALIHAN KODE YANG TERJADI DALAM MEDIA SOSIAL VIDEO BLOGGING (VLOG)

Neng Robiatul

Abstract


Abstrak                                                   

Komunikasi yang terjadi dalam suatu masyarakat akan menimbulkan penggunaan bahasa yang beraneka ragam, yang nantinya akan menimbulkan adanya varian kode. Biasanya kode tersebut akan digunakan sesuai dengan situasi dan juga kondisi pada saat komunikasi tersebut berlangsung.  Salah satu dari varian kode tersebut adalah terjadinya peristiwa alih kode. Alih kode merupakan suatu peristiwa pengalihan kode dari satu bahasa ke dalam bahasa lain. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk memaparkan atau menguraikan wujud dari alih kode yang terdapat dalam media sosial video blooging serta faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa alih kode tersebut. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan untuk dianalisis berupa data lisan yang kemudian dialihkan ke dalam tulisan. Karena data yang didapatkan berasal dari pemaakaian bahasa yang gunakan oleh seorang vlogger dalam beberapa video yang telah ditayangkan dalam sebuah chanel yuoTube. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu 1)  tahap pencarian, 2) pengumpulan data, 3) menyimak, 4) mencatat, dan terkahir menganalisis. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu bahwa alih kode yang terdapat dalam vlog ini berupa alih kode intern dan juga alih kode ekster. Alih kode intern yang terjadi berupa pengalihan kode dari ragambahasa yaitu dari ragam formal ke ragama informal dan sebaliknya. Sedangkan untuk alih kode ektern berupa pengalihan kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa alih kode dalam penelitian ini yaitu dikarenakan faktor dari pembicara atau penutur itu sendiri, yang digunakan untuk memperjelas keterangan dan juga mejelaskan sesuatu. Selain itu, yang menjadi faktor terjadinya pengalihan kode tersebut adalah adanya faktor pergantian topik pembicaraan.

Kata Kunci: Alih Kode, Faktor Penyebab, Media Sosial Video Blogging.

 

 

 

 

 

Abstract

Communication that occurs in a community will lead to the use of diverse languages, which in turn will lead to variants of the code. Usually the code will be used according to the situation and also the conditions at the time the communication takes place. One of the code variants is a code switching event. Code switching is a code switching event from one language to another. The purpose of this research is to describe or describe the form of code switching contained in social media video blooging and the factors that cause the event of code switching. The research design carried out in this research is descriptive qualitative research design. The data obtained for analysis in the form of oral data which is then transferred into writing. Because the data obtained comes from the use of language used by a vlogger in several videos that have been displayed in a YouTube channel. Data collection techniques used in this study are 1) the search phase, 2) data collection, 3) listening, 4) taking notes, and finally analyzing. The conclusion that can be drawn from the results of this study is that the code switching contained in this vlog is in the form of internal code switching and also the extra code switching. Internal code switching occurs in the form of code switching from ragambahasa, namely from a formal variety to an informal religion and vice versa. Whereas for the transfer of external code in the form of transferring the code from Indonesian into a foreign language, namely English. The factors that cause the occurrence of code switching events in this study are due to the factors of the speaker or speaker himself, which is used to clarify the information and also explain something. In addition, a factor in the transfer of the code is the change of topic.

Keywords: Code Switch, Causes Factors, Social Media Video Blogging.

References


Chaer, Abdul dan Agustina, Leoni. 2010. Sosiolinguistik Pengealan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 2010. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika aditama.

Mustikawati, Diyah Atiek. 2015. Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Libguistik). 3, (2), 23-31.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsiman. 2014. Sosiolinguistik Teori dan Aplikasi dalm Pembelajaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.