UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 025266 BINJAI

Dra. Misniwati

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pengajaran kolaborasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia setelah diterapkan model pengajaran kolaborasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III SD Negeri 025266. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (51%) dan siklus II (89%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran kolaborasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, meningkatkan prestasi  Belajar  Siswa SD Negeri 026408 Binjai, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: prestasi belajar, Pengajaran Kolaboratif

 

Abstract. While the purpose of this research are: (a) Want to know the improvement of Indonesian learning achievement after the implementation of collaborative teaching model. (b) Want to know the effect of improving the achievement of Indonesian Language after applied collaborative teaching model. This research uses action research as much as two rounds. Each round consists of four stages: design, activity and observation, reflection, and refission. Target of this research is student of Class III SD Negeri 025266. Data obtained in the form of formative test results, observation sheet of teaching and learning activities. From the analyst's result, it is found that the students' learning achievement has improved from cycle I to cycle II that is, cycle I (51%) and cycle II (89%). The conclusion of this research is the collaborative teaching model can positively affect the achievement, interest, attention and partipation, improve the achievement of Student Elementary School Elementary School 026408 Binjai, and this learning model can be used as one of the alternative learning Indonesian.

Keywords: learning achievement, collaborative teaching


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Meningkatkan Prestasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Sulhan, N. 2006. Pembangungan Karakter pada Anak. Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Surabaya Intelektual Club.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.