PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA KANTONG AJAIB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Isnu. 2019. 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: DIVA Press
Kosasih. E. 2019. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Masruroh, Ainun. 2017. Rambu-Rambu Menulis Cerpen. Terbitan: Yogyakarta, pusat kajian Jakarta.
Mastini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode
Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 1
No. 1. Diakses, 10 Februari 2018.
Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEF-Yogyakarta.
Nugraheni, Sri Aninditya. 2012. Penerapan strategi kooperatif learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Rachman, R.N. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “Cermin Kehidupan Trans 7”. Jurnal Diksatrasia, Volume 1 No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.
Rianto. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi melalui Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol. 1, No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.
Riduwan & Akdo. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.
Muklim, Marlia. 2017. Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Media Film Siswa Kelas VII Negeri 2 Palopo. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 1, No 1. Diakses, 1 Februari 2018
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta
Sadirman, Arif S. Dkk. 2017. Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Saryono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Nuha
Medika.
Simarmata, Janner. 2019. Kita Menulis : Semua Bisa Menulis Buku. 22 November 2019.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta
Tarigan, H.G. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.8016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id