Pengaruh Pemberian Alelopati Ekstrak Daun Mangga Kweni (Mangifera orodata Griff) Terhadap Pertumbuhan Gulma Teki (Cyperus rotundus)

Aida Farida, Eka Bobby Febrianto, Nurliana Nurliana, Henry Budi Hasibuan, Kurnainy Tohir, Bambang Abdul Ghani

Abstract


Gulma dapat berkompetisi dengan tanaman pokok dalam memperoleh air, unsur hara, cahaya, maupun CO2. Selain itu, gulma dapat berperan sebagai tanaman inang bagi hama dan penyakit. Berdasarkan hal ini maka di lakukan penelitian respon pertumbuhan gulma teki (Cyperus rotundus) akibat pemberian alelopati ekstrak daun mangga kweni (Mangifera Odorata Griff). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui konsentrasi, jenis daun mangga kwenis, dan kombinasi terbaik dalam menekan pertumbuhan gulma teki (Cyperus rotundus). Penelitian dilakukan di lahan penelitian kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 faktor, yaitu faktor pertama adalah konsentrasi bioherbisida yang terdiri dari K0(0%), K1(20%), K2(40%), dan K3 (60%), faktor kedua adalah jenis daun mangga kweni (Mangifera odorata Griff) yang terdiri dari S1(daun segar) dan S2(daun kering), dengan menggunakan 3 ulangan . Parameter yang diamati adalah tinggi gulma(cm), panjang akar(cm), berat basah(gr) dan berat kering(gr). Pengujian parameter disusun pada daftar sidik ragam dan dilakukan uji Beda Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, bahwa pada perlakuan konsentrasi 60% yang terbaik untuk menekan pertumbuhan gulma teki (Cyperus rotundus). Jenis daun mangga kweni (Mangifera odorata Griff) terbaik dalam menekan pertumbuhan gulma adalah jenis daun kering. Kombinasi terbaik dalam menekan pertumbuhan gulma adalah dengan konsentrasi 60% alelopati ekstrak daun mangga kweni kering

Keywords


Gulma, Cyperus rotundus, Bioherbisida, Alelopati ekstrak Mangifera odorata Griff.

Full Text:

PDF

References


Denada, V. and Kristanti, I. 2013, Studi Potensi Bioherbisida Ekstrak Daun Ketapang ( Terminalia catappa) Terhadap Gulma Rumput Teki (Cyperus rotundus L.). Institut Teknologi Sepuluh November.

Fauzi, Y. 2012. Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta

Khairunnisa. 2018. Uji Efektivitas Bioherbisida Ekstrak Daun Ketapang, Mahoni, Dan Kerai Payung Terhadap Cyperus Rotundus L. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Lampung

Kusnendar, D. A., Sembodo, D.R.J. dan Susanto, H. 2013 Respons Gulma Terhadap Lama Fermentasi Cairan Pulp Kakao Sebagai Bioherbisida. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Lampung.

Kusuma, A.V.C., Chozin, M.A., dan Guntoro, D. 2016. Senyawa Fenol dari Tajuk dan Umbi Teki (Cyperus rotundus L.) pada Berbagai Umur Pertumbuhan serta Pengaruhnya terhadap Perkecambahan Gulma Berdaun Lebar. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Pahan, I. 2006. Panduan Lengkap Kelapa Sawit : Manajemen Agribisnis Dari Hulu Hingga Hilir, Penebar Swadaya. Jakarta.

Pebriani, Linda, R. Dan Mukarlina. 2013. Potensi Ekstrak Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha H.B.K) Sebagai Bioherbisida terhadap Gulma Maman Ungu (Cleome rutidosperma D.C) dan Rumput Bahia (Paspalum notatum Flugge). Fakultas MIPA. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Prasetyo, H dan Zaman, S. 2016. Pengendalian Gulma Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Perkebunan Padang Halaban, Sumatera Utara. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yulifrianti, E., Linda, R,. Dan Lovandi, I. 2015. Potensi Alelopati Ekstrak Serasah Daun Mangga (M. indica L.) Terhadap Pertumbuhan Gulma Rumput Grinting (C. dactylon L.) Press. Fakultas MIPA. Universitas Tanjungpura




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.9219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License