Efektivitas Perangkap Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) Menggunakan Feromon Dengan Ketinggian Dan Warna Yang Berbeda Pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM)

Aida Farida, Eka Bobby Febrianto, Muhammad Yusuf Dibisono, Makhrani Sari Ginting, M Arief Hasibuan, Nurul Wahyuda, Habib Handoko

Abstract


Hama O. rhinoceros merupakan hama penting tanaman kelapa sawit yang menimbulkan kerugian cukup besar dan menyerang tanaman kelapa sawit di seluruh Indonesia. Kerusakan tanaman kelapa sawit akibat serangan kumbang tersebut dapat terjadi pada tanaman belum menghasilkan, maupun tanaman menghasilkan. Kerugian yang ditimbulkan akibat serangan kumbang ini cukup besar karena kumbang jantan dan betina yang menggerek pangkal pelepah dapat mengakibatkan patahnya pangkal pelepah selalu dan berpindahpindah dari pohon yang satu ke pohon sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ketinggian, warna dan interaksi tinggi dan warna yang tepat pada perangkap Oryctes rhinoceros Penelitian ini dilakukan di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Bah Jambi Afdeling V. Waktu penelitian selama 2 bulan, dari bulan Juni-Juli 2022. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok faktorial (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu ketinggian 2,5 m 3,5 m 4,5 m dan warna merah spotlite, kuning spotlite dan silver spotlite. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan ketinggian berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah tangkapan kumbang tanduk dengan rataan tertinggi pada ketinggian, 4,5 m sebanyak 105.56 ekor, dan perlakuan warna juga berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah tangkapan kumbang tanduk dengan rataan tertinggi pada warna merah spotlite sebanyak 104.56 ekor. Perlakuan kombinasi ketinggian dan warna perangkap kumbang tanduk berpengaruh tidak nyata

Keywords


Oryctes rhinoceros, Perangkap, Ketinggian, Warna.

Full Text:

PDF

References


Amir, A. M. dan U. S. Budi. 2012. Preferensi Perangkap berwarna terhadap thrips dan seranggan lainnya pada tanaman rosela minuman (Hibiscus sabdariffa var, sabdarifa). Malang: Balai Penelitian Tanaman dan Serat

Apriyaldi, R. 2015. Analisis Intensitas Serangan Hama Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) . Pada Kelapa Sawit di PTPN V Sei. Galuh Kabupatten Kampar Provinsi Riau. Tugas Akhir. Tidak dipublikasikan. Jurusan Budidaya Tanaman Pangan. Politeknik Pertanian Negeri Payah Kumbuh.

Astuti, Dessy. 2020. Potret Kumbang Tanduk, ikon museum serangga. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/01/30/potret- kumbang-tanduk-ikon-museum-serangga. di akses pada 21 oktober 2021, pukul : 00.30 wib.

Astuti, Y. 2020. Pengendalian Hama Oryctes rhinoceros pada Kegiatan Pengamatan Kelapa Sawit. Kabupaten Ogan, Komering hilir. Badan Pusat Statistik. 2021. Statistik Kelapa Sawit Indonesia 2020. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perkebunan Indonesia. 2022. Statistik Perkebunan Komoditas Kelapa Sawit 2021 - 2022. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI.2016. Sistem Informasi Konsultasi Kesehatan Tanaman Perkebunan. Jakarta Selatan 12550 – Indonesia

Ginting, M.S., E.B. Rebrianto, Guntoro, A. Pratama, 2022. Pengaruh Ketinggian Fruit-Trap pada Pengendalian Hama Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) di Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq). Jurnal Agriland, 10 (1) p. 64-67

Handayani, W. F. 2014. Kepadatan Populasi Kumbang Tanduk Oryctes Rhinoceros L. (Coleoptera : Scarabaeidae) Pada Tanaman Sawit. Kabupaten Pesisir Selatan: Pendidikan Biologi Vol 1, No. 1.

Hartanto, T. 2018. Pengendalian Terpadu Kumbang Tanduk (Oryctes Rhinoceros). Perkebunan Kelapa Sawit PT Antako Wisena .

Hasibuan, B. 2014. Efektivitas Insektisida Nabati Daun Tembakau (Nicotiana tobaccum L.) Dan Daun Sirih (Piper betle L.) Dengan Beberapa Konsentrasi Terhadap Mortalitas Larva Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) Di Laboratorium. Tugas Akhir Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan.

Herman. 2012. Uji Tingkat Ketinggian Perangkap Feromon Untuk Mengendalikan Kumbang Tanduk Oryctes rhinoceros L ( Coleoptera : Scarabaeidae ) Pada Tanaman Kelapa Sawit. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Riau.

Hery Widyanto, Suhendri Saputra, Suryati 2014. Pengendalian Hama Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros Linn.) Menggunakan Perangkap Feromon Pada Tanama Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq. Di Lahan Gambut Provinsi Riau.

Kalidas, P. 2012. Pest Problem of Oil Palm and Management Strategies for Sustainbility. Agrotechnology SS11, 001.

Khairunnisa,S., Mukhtar I. Pinem., Fatimah Zahra. 2014. Pengaruh Ketinggian Ferotrap Terhadap Jumlah Kumbang Tanduk yang Tertangkap di Perkebunan Kelapa Sawit. Agroekoteknologi. Vol. 2 (2). Fak. Pertanian USU.

Lukmana, Mila dan Faisal Alamudi. 2018. Intensitas Serangan Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) pada Tanaman Kelapa Sawit belum menghasilkan di PT Barito Putera Plantation. Politeknik Hasnur.

Pratiwi, I. (2016). Pengaruh Skarifikasi dan Lama Perendaman dengan Asam Sulfat (H2SO4) Terhadap Pematahan Dormansi Benih Enau (Arenga pinnata Merr.) [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Padang

Pusat Penelitian Kelapa Sawit. https://www.iopri.org/produk-perlindungan-tanaman/. Di akses pada 21 oktober 2021, pukul : 01.00 wib

Siahaan, I.R.T.U dan Syahnen. 2014. Mengapa O. rhinoceros menjadi Hama pada Tanaman Kelapa Sawit. ditjenbun.pertanian.go.id/.../berita-294-. diakses 6 Agustus 2014.

Siregar, J. d. 2010. Tingkat Serangan Kumbang Badak (Oryctes rhinoceros L) Pada Areal Pertanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Berdasarkan Umur Tanaman. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan.

Susanto, Agus Susanto, Agus Eko Prasetyo, Sudharto, Hari Priwiratama & Tjut Ahmad P. Roziansha . 2012. Pengendalian Terpadu Oryctes rhinoceros di Perkebunan Kelapa Sawit. Seri kelapa Sawit Populer 10. Medan: Pusat Penelitian Kelapa Sawit.

Widodo, A., Saleh, A., Parinduri, S., 2018. Pengeruh Ketinggian Ferotrap terhadap Jumlah Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros Linnaeus.) yang Tertangkap di Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Agro Estate 2(2):98

Wraiter 01. 2018. Cara ampuh untuk mengendalikan Kumbang Tanduk. https://pkt-group.com/sawitnotif/waspada-serangan-hama-kumbang - tanduk oryctes-rhinoceros-pada-kelapa-sawit-anda/. Di akses 21 oktober 2021, pukul : 01.20.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.9220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License