Manajemen Kesiswaan Dalam Pembentukan Karakteri Siswa Melalui Pembiasaan Religius Di DSN Wangkal I

Yulia Indah Suciati, Abdul Hamid, Ghufron Ghufron

Abstract


Pendidikan karakter saat ini mendapat perhatian yang meningkat di tengah keterbatasan pembelajaran. Ketika pandemi mengharuskan Dalam konteks pembelajaran daring, tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi implementasi penguatan karakter religius di Sekolah Dasar SDN Wangkal 1 melalui pembelajaran jarak jauh. Tujuannya adalah untuk menilai Seberapa jauh karakter keagamaan ditanamkan di SD selama proses pembelajaran secara daring.Pendidikan dianggap sebagai hal yang krusial bagi suatu negara dan tidak boleh diabaikan, Karena meningkatkan tingkat kecerdasan hidup warga negara adalah salah satu tujuan negara. Setiap penduduk memiliki hak untuk menerima pendidikan yang sesuai dengan minat dan potensinya tanpa diskriminasi. Pemerintah Indonesia telah memberikan prioritas pada pembangunan pendidikan melalui reformasi pendidikan di semua tingkatan. Tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi aspek religius dalam pembentukan karakter anak di SDN Wangkal 1. Desain penelitian ini bersifat analisis kualitatif yang bersifat deskriptif menggunakan pendekatan proses belajar mengajar selama satu bulan. Metode pengumpulan data mencakup observasi, pembelajaran, dan dokumentasi, sementara Melakukan evaluasi data dengan metode deskriptif yang fokus pada kualitas. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius berlangsung secara kontinu dari awal sampai akhir setiap hari di SDN Wangkal 1

Keywords


Pendidikan, Karakter, Religious

Full Text:

PDF

References


Abdul latif, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan, (Bandung: PT Refika Aditama,2009)

Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset,2012)

Achmad Maulana dkk, Kamus Ilmiah Populer (Cet. II; Yogyakarta: Absolut, 2004)

Dharma Kesuma dkk, Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Dharma Kesuma dkk, Pendidikan Karakter.,pendidikan karakter kajian teori dan praktik di sekolah,(Bandung :PT Remaja Rosdakarya,2011).

Doni Koesuma A, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Jakarta:Grasindo: 2010).

E Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012)

Heri Gunawan, pendidikan karakter konsep dan Implementasi, (Bandung:Alfabeta ,2012),

Heri Gunawan,pendidikan karakter konsep dan Implementasi,(Bandung:Alfabeta,2012),

Jamal Ma‟mur Asmani, Buku panduan internalisas ipendidikan karakter disekolah.(yogyakarta:Diva press,2012).

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangna Krisis Multidimensional (Jakarta:Bumi Aksara, 2011)

Muchlas Samani & Harianto, pendidikan karakter konsep dan model,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011).

Muclas samani & Hariyanto, pendidikan karakter konsep dan model, (Bandung;Alfabeta,2012).

Muclas Samani&Hariyanto,pendidikan karakter.

Muhammad Fathurrohman, Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,(Yogyakarta: Kalimedia, 2015)

Muhammad Ihsan Karmedi, dkk, Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandeni Cocid 19, jornal of education research, 2 (1), 2021.

Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter dan Kepramukaan, (Yogyakarta: PT Citra Aji Parama, 2012).

Novan Ardy Wiyani,Membumikan Pendidikan karakter di SD, (Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2013)

Wawancara Dan Terjun Langsung Di SDN WANGKAL I Gading-Probolinggo.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License